RAHASIA INIJIL – BAHASA BARU

(Memperkenalkan Injil adalah Bahasa atau Perkataan Baru Yang Turun Dari Sorga)

Seperti apa bahasa atau perkataan Anda yang sering dengar dari orang-orang di sekitar Anda?  Apa yang terjadi ketika orang-orang menyapa, ngobrol menulis, berpidato, memimpin rapat, menyampaikan pendapat, berargumen, atau bahkan ketika bersenda-gurau?

Bagaimana dengan bahasa Anda sendiri?

Semua bahasa yang ada di bumi ini sudah kacau. Meskipun menggunakan bahasa ibu yang sama, tetapi setiap orang memiliki pengertiannya sendiri-sendiri, sehingga tidak ada satu pun bahasa yang berasal dari dunia ini yang dapat mempersatukan kita lagi. Hal itu terjadi sejak zaman pendirian Menara Babel seperti dilaporkan dalam Kejadian 11:1-9

Tetapi ada satu bahasa yang tidak pernah gagal dalam penyampaiannya, yaitu bahasa atau perkataan yang berasal dari Allah, seperti telah tertulis:

Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, 11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya. (Yes. 55:10-11, TB)

Perkataan-perkataan baru yang dari Allah itu akan menjadi milik setiap orang yang hatinya dibaharui, karena segala perkataan yang keluar dari mulut berasal dari hati.

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. (Yeh. 36:26-27, TB)

Oleh sebab itu, setiap orang yang menerima Roh Allah akan berbicara dalam bahasa-bahasa baru seperti telah disabdakan:

Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka (Mrk. 16:17, TB)

Referensi lainnya:

Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. … sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. … Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat. (Kis 2:4; 10:46; 19:6)

Hal itu sesuai dengan nubuatan bahwa Roh Kudus diutus khusus untuk perkataan baru:

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. (Jn. 16:13 ITB)

Itu sebabnya kita dinasihati:

Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. (Efs. 4:29, TB)

Referensi lainnya:

Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak. … Bibir orang benar tahu akan hal yang menyenangkan, tetapi mulut orang fasik hanya tahu tipu muslihat. … Orang jahat terjerat oleh pelanggaran bibirnya, tetapi orang benar dapat keluar dari kesukaran. … Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang. (Ams 25:1; 10:32; 12:13; Kol 4:6)

Jadi, apa sesungguhnya isi dari bahasa atau perkataan baru itu? Bahasa dari atas pasti dapat dipertanggungjawabkan, tetapi bahasa yang datangnya dari iblis dan dunia ini akan dihukum, seperti telah disabdkan:

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. (Mat 12:36, SB)

Penyelidikan Khusus Tentang Rahasia Perkataan Baru:

  1. Markus 16:15, 17 … perkataan dari para saksi Injil yang memberitakan Injil (bahasa baru)
  2. Kis 2:4, 11 … kata-kata dalam bahasa asing yang isinyat tentang perbuatan Allah yang besar (Injil)
  3. 2:2-4; 19:6 … kata-kata yang dari atas, bahasa roh, nubuat yang isinya tidak lain adalah Injil
  4. 4:8-, 31 … kata-kata dalam penyampian berita Injil, firman Allah
  5. 10:44-46 … kata-kata yang memuliakan Allah

Ikuti terus pembahasan dari setiap topik mengenai berbagi isu kehidupan nyata yang sedang trend serta bagaimana cara memperbaiki ingatan, penglihatan, dan perkiraan yang rusak dalam diri. Hanya di Forum Obrolan Renungan Baru (FORB) setiap hari Sabtu, pukul 18:30 WIB

Logo FORB

00
days
00
hours
00
minutes
00
seconds

Details

Topic: RAHASIA INIJIL – BAHASA BARU
Hosted By: admin instructor
Start: Sat-12-23
Category: Renungan Baru, Development
Duration: 1 hour 15 minutes
Current Timezone: Asia/Jakarta

Note: Countdown time is shown based on your local timezone.